Interaksi Sosial





Interaksi sosial dilandasi oleh beberapa faktor, baik faktor dari dalam diri manusia itu sendiri maupun faktor dari luar manusia. Faktor dari dalam manusia meliputi;
1. Dorongan kodrati sebagai makhluk sosial;
2. Dorongan untuk memenuhi kebutuhan;
3. Dorongan untuk mengembangkan diri dan memengaruhi orang lain melalui imitasi, sugesti, identifikasi, simpati, dan empati.

Sementara Faktor dari luar manusia adalah dorongan rasa ingin tahu yang menyebabkan manusia berinteraksi dengan sesamanya untuk memenuhi rasa ingin tahunya tersebut.

1. IMITASI
Imitasi artinya tindakan meniru perilaku, ucapan, sikap atau penampilan seseorang. Imitasi mempunyai pengaruh positif. ketika yang ditiru adalah individu atau kelompok yg berperilaku baik berdasarkan situasi, tetapi kebalikannya, imitasi memiliki pengaruh negatif saat individu atau kelompok yg ditiru berperilaku buruk di mata masyarakat.

2. SUGESTI
Sugesti adalah tindakan seseorang untuk memengaruhi orang lain agar menerima pandangan atau sikap yang dianutnya. Sugesti umumnya berasal dari orang orang yang berwibawa, karismatik, atau orang yang berpengaruh, misanlnya orang tua, ulama, dan lain-lain. minoritas. Seseorang yang mengubahpendapatnya hanya karena ia satu-satunya orang yang berpendapat demikian dapat dikatakan telah tersugesti.

3. IDENTIFIKASI
Identifikasi adalah kecenderungan seseorang untuk menjadikan dirinya serupa dengan orang lain. 

4. SIMPATI
Simpati terjadi ketika seseorang tertarik pada orang lain. Ketertarikan didorong oleh keinginan untuk memahami perasaan dan pikiran orang lain.

5. EMPATI
Empati adalah perasaan ketertarikan yang medalam kepada orang lain. Empati lebih dalam pengaruhnya dibanding dengan simpati. 

6. MOTIVASI
Motivasi adalah dorongan yang diberikan kepada seorang individu kepada individu lainnya. motivasi bertujuan agar orang yang diberi motivasi tersebut menuruti atau melaksanakan apa yang dimotivasikan.


Sumber gambar: Ximple Education
Sumber: 
https://fisip.umsu.ac.id/2023/05/05/faktor-faktor-pendorong-interaksi-sosial-beserta-contohnya/

Komentar

Postingan Populer