Cara Melakukan Afirmasi Positif

sumber: facebook.com

A. Pengertian Afirmasi
Afirmasi adalah suatu bentuk komunikasi antara pikiran secara sadar maupun pikiran dari bawah alam sadar. Kata-kata positif yang muncul akan membantu Anda dalam membangun suasana yang positif. Sementara itu, kata-kata negatif muncul akan menjadikan Anda kehilangan rasa percaya diri dan menjadi seorang yang negatif. Semuanya itu tergantung pada diri sendiri. Anda mempunyai kekuatan dalam menghipnotis diri sendiri agar selalu tenang dan bisa mengendalikan pikiran sendiri. Afirmasi positif ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan kesejahteraan bahkan keberhasilan Anda.

B. Manfaat Melakukan Afirmasi Positif
Afirmasi mempunyai manfaat yang sangat baik bagi seseorang bila diucapkan secara berulang maupun rutin. Berikut ini terdapat sejumlah manfaat dari afirmasi, antara lain:

1. Menimbulkan Rasa Percaya Diri
Afirmasi mempunyai manfaat untuk menjadikan seseorang lebih percaya diri lagi. Afirmasi dapat menjadi percaya diri bahwa Anda mempunyai kreativitas, dan keunggulan yang dapat Anda lakukan dalam segala rintangan yang datang tiba-tiba membuat Anda menjadi pribadi yang lebih kuat.

2. Mencegah Depresi Seseorang
Kesehatan mental wajib dijaga supaya seseorang tidak mudah depresi. Anda perlu untuk menyemangati diri sendiri itu dengan afirmasi positif supaya tidak membuat depresi dan menjadi kuat dalam menghadapi setiap masalah yang muncul

3. Meningkatkan Kesehatan
Pikiran negatif dan perilaku yang negatif dapat menjadikan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Pikiran negatif juga dapat menjadi seseorang menjadi stress dan overthinking, lalu membuat Anda sulit untuk tidur. Bila Anda memberikan afirmasi positif pada diri Anda sendiri, hal itu akan menjadikan diri Anda lebih bahagia. Secara sederhana, pikiran positif dan kebahagian dapat membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat, sehingga Anda tidak merasa mudah sakit.

4. Memunculkan Rasa Nyaman dan Bahagia
Ketika menyatakan afirmasi positif dapat membuat Anda lebih tenang dan yakin. Bahkan Anda dapat melewatinya tiap harinya dengan lebih kuat. Afirmasi positif bahkan dapat menjadikan seseorang menjadi lebih baik.

C. Cara Melakukan Afirmasi Positif

Supaya lebih efektif, afirmasi positif harus dilakukan minimal setiap hari. Afirmasi positif bisa dilakukan di waktu pagi dan malam hari.

Kamu juga bisa menuliskan kalimat positif dan meletakkannya di beberapa lokasi yang bisa terlihat dengan jelas, seperti di kamar mandi, mobil, atau monitor komputer.

Berikut contoh afirmasi positif yang bisa kamu lakukan setiap hari:

  • Aku percaya pada diriku sendiri dan mampu melakukannya
  • Aku kuat, tangguh, dan berani untuk menghadapi masalah
  • Tujuan dan keinginanku sama berharganya dengan milik orang lain
  • Aku mencintai diriku sendiri
  • Hidup itu indah dan setiap hari dipenuhi dengan kegembiraan
  • Saat ini mungkin aku gagal, tapi aku tidak melupakan banyak keberhasilan yang pernah diraih
  • Aku memiliki banyak kelebihan yang bisa ditunjukkan ke orang lain
  • Aku bersyukur masih ada kesempatan untuk melakukan hal yang positif
  • Tantangan yang aku alami dapat membuatku terus berkembang menjadi lebih baik

Saat mempraktikkan afirmasi positif, sebaiknya mulai dengan mengambil napas dalam-dalam, perlahan, dan tenang. Usahakan agar perasaan negatif tidak mengalihkan konsentrasimu.

Meski awalnya terasa aneh berdiri di depan cermin dan mengucapkan kata-kata kepada diri sendiri, hal ini bisa berdampak baik untuk tubuh. Kamu bisa mengucapkan afirmasi positif berulang kali agar makin terbiasa.

Sumber: gramedia.com, klikdokter.com

Komentar

Postingan Populer