Manfaat Rumput Mutiara


A. Manfaat

1. Melawan Radikal Bebas

Rumput mutiara diketahui banyak mengandung senyawa bioaktif, sebab memiliki sifat antioksidan yang berasal dari fenol, saponin, tanin, flavonoid, hingga terpenoid. Maka dari itu, konsumsi tanaman ini sangat penting dalam mengatasi paparan radikal bebas di dalam tubuh.

Pasalnya, radikal bebas yang berlebihan dapat meningkatkan berbagai macam risiko penyakit, seperti diabetes, kanker, dan penyakit kardiovaskular. Radikal bebas juga dapat menyebabkan tubuh menua lebih cepat.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Rumput yang disebut juga dengan Pearl Grass juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, agar lebih kuat dalam melawan bakteri dan virus penyebab infeksi. Dengan cara ini, tubuh menjadi lebih jarang sakit. Sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat juga membuat seseorang untuk lebih cepat pulih dari sakit.

3. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Dengan sifat antioksidan yang kuat serta memiliki efek anti-inflamasi, rumput mutiara mampu menjaga fungsi dan kesehatan otak yang lebih baik. Seseorang yang mengonsumsi tanaman ini dipercaya memiliki daya ingat yang lebih baik, serta berisiko lebih rendah untuk alami demensia dan depresi.

4. Menjaga Kesehatan Hati

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi rumput ini juga sangat baik dalam menjaga kesehatan dan fungsi hati. Tanaman ini mampu membantu tubuh dalam menurunkan risiko terjadinya peradangan pada hati, serta mencegah kerusakannya.


B. Cara Mengkonsumsi

Pengolahan rumput mutiara umumnya dilakukan secara tradisional, yaitu dengan cara direbus lalu disaring, kemudian air rebusannya diminum sebagai jamu atau teh herbal. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen rumput mutiara yang telah diolah dalam bentuk tablet atau kapsul.


Sumber: zetizens.com, alodokter.com


Komentar

Postingan Populer