10 Manfaat Kulit Manggis

1. Mencegah Kanker
Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi xanthones dapat menawarkan perlindungan terhadap berbagai bentuk kanker. Sebuah studi yang dilakukan di Gifu International Institute of Biotechnology di Jepang mengungkapkan bahwa xanthones yang terkandung dalam buah dan kulit manggis dapat menghambat pertumbuhan dan proliferasi terhadap sel leukemia manusia.

2. Melindungi jantung
Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi xanthone secara rutin memberikan perlindungan bagi otot jantung. Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Farmakologi Central South University di Cina mengungkapkan bahwa mengonsumsi xanthones dapat menghambat kerusakan otot jantung akibat infark miokard atau serangan jantung.

3. Anti Peradangan
Konsumsi xanthone juga dapat mengurangi peradangan, khususnya bagi yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Sebuah studi yang dilakukan di Departemen Gizi di Mahidol University di Thailand mengungkapkan bahwa konsumsi xanthones berhasil menghambat peradangan.

4. Membantu Mengatasi Gejala Penyakit Disentri
Gejala penyakit ini dapat diatasi dengan kandungan zat yang terdapat dalam kulit manggis. Cara memanfaatkan kulit manggis tersebut dengan merebusnya bersama 4 gelas air.

5. Membantu Mengatasi Penyakit pada Penderita HIV/AIDS
Kulit manggis memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat dijadikan salah satu upaya pengobatan untuk mengatasi penyakit pada penderita HIV/AIDS. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, konsumsilah kulit manggis dengan berbagai cara pengolahan, secara rutin untuk mendapatkan efek yang maksimal!

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah menunjang kekebalan tubuh. Manfaat yang satu ini terjadi karena kandungan dalam kulit manggis dapat membantu mengatasi gejala peradangan, sehingga daya tahan tubuh pun meningkat.

7. Menurunkan Kadar Gula 
Manfaat kulit manggis yang terakhir adalah menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Jika gula darah sudah terkontrol, kamu akan terhindar dari sejumlah penyakit seperti penyakit kardiovaskular, gangguan seksual, dan penurunan fungsi kognitif.

8. Mencegah Jerawat
Dalam studi yang diterbitkan oleh jurnal Fitoterapia, manfaat kulit manggis mampu mencegah produksi peradangan penyebab jerawat.Studi yang sama juga mengungkapkan bahwa ekstrak manggis mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas pada kulit. 

9. Membantu Menurunkan Berat Badan
Perlu dipahami bahwa kulit manggis dapat membantu membakar lemak. Hal ini karena kandungan xanthone dalam kulit manggis.

10. Alternatif Obat Depresi
Studi dalam National Center for Biotechnology and Information memaparkan, ekstrak kulit manggis membantu mencegah penurunan masalah mental. Kandungan antioksidan di dalamnya juga mengurangi peradangan otak dan mencegah depresi.

Cara Tepat Mengonsumsi Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis akan terasa jika kamu mengonsumsi dengan cara yang tepat. Berikut ini cara mengolah kulit manggis agar bisa dikonsumsi:

  1. Bersihkan terlebih dulu.  Sebelum diolah, kamu harus membersihkan kulitnya terlebih dulu dengan mencuci menggunakan air yang mengalir.
  2. Potong kulit menjadi bagian kecil. Setelah dicuci bersih, potong kulit menjadi bagian kecil. Tujuannya agar kulit mudah diolah.  
  3. Kukus kulit manggis. Selanjutnya dikukus selama 3-5 menit saja. Tujuannya agar getah di kulit benar-benar hilang. 
  4. Haluskan kulit manggis. Setelah dikukus, kamu bisa menghaluskan per 100 gram kulit manggis yang sudah dicampur dengan 800 mililiter air dengan blender. 
  5. Rebus hingga matang. Langkah terakhir adalah merebus hingga matang. Jika dirasa terlalu pahit, kamu bisa menambahkan sedikit gula.

Penambahan gula tidak disarankan pada pengidap kondisi medis tertentu seperti diabetes. Jika ingin menambahkan gula, kamu bisa memilih gula yang lebih sehat, seperti gula kelapa dan sugar brown.


Sumber: mhomecare.co.id, halodoc.com, orami.co.id, merdeka.com

Komentar

Postingan Populer