10 Manfaat Buah Blueberry

sumber: halodoc.com

1. Sebagai Sumber Antioksidan
Banyak buah yang dikenal kaya akan antioksidan. Salah satunya adalah buah blueberry. Seperti halnya dengan jenis buah berry lainnya, blueberry juga mengandung zat antioksidan golongan polifenol, yaitu flavonoid. Kandungan tersebut terbukti ampuh dalam meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Terjaga dan terpenuhinya kandungan tersebut, tentu membuat tubuh lebih kebal dari berbagai gangguan kesehatan akibat radikal bebas. Beberapa gangguan diantaranya adalah peradangan (inflamasi) dan rusaknya sel-sel tubuh. Apabila dibiarkan, radikal bebas yang tertimbun dalam jumlah dan kurun waktu tertentu bisa berkembang menjadi sel kanker. Tentu saja hal ini sangat berbahaya.

2. Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Dehidrasi atau gangguan karena kurangnya cairan dalam tubuh berpotensi memunculkan masalah lain, misalnya saja sembelit (konstipasi), kepala pusing, hingga mudah lelah. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi buah blueberry yang satu ini.Salah satu alasan mengapa blueberry memiliki manfaat tersebut, tidak lain karena kandungan air pada buah ini terbilang tinggi. Bahkan, nilainya hingga 85 persen dari total keseluruhan berat buah itu sendiri. Karena itu pula, buah ini cocok sebagai alternatif pencegah dan mengatasi dehidrasi pada tubuh.


3. Mengatasi peradangan

Masih dengan antioksidan. Kandungan tersebut bisa menjadi salah satu solusi alami mengatasi peradangan atau inflamasi. Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam buah blueberry terbukti ampuh sebagai antiinflamasi dalam meredakan gejala peradangan.


4. Menjaga kesehatan tulang

Siapa sangka, ternyata buah blueberry juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang, khususnya di masa pertumbuhan. Bahkan, berry berwarna ungu ini mengandung kaya mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, zinc, dan vitamin K. Keseluruhan kandungan tersebut memiliki peran penting dalam membentuk dan merawat kesehatan tulang.


5. Membantu mengontrol tekanan darah

Tidak hanya tulang, blueberry juga baik untuk mengontrol tekanan darah. Kandungan seperti potasium, magnesium, dan kalsium pada buah ini juga bermanfaat sebagai pengendali tekanan darah alami. Apabila tubuh tidak mendapat asupan potasium, magnesium, dan kalsium yang cukup, tentu bisa berdampaknya buruk pada tubuh. Salah satunya yaitu meningkatnya tekanan dalam darah.


 6. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu cara merawat kulit tetap sehat dan elastis yaitu dengan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Tak heran, menjaga asupan kolagen adalah hal penting bagi kesehatan kulit.

 

Produksi kolagen dalam tubuh juga tidak lepas dengan keberadaan vitamin C. Apalagi, sifat antioksidan dalam vitamin tersebut juga berperan ganda. Mulai sebagai penghalau serangan radikal bebas, menekan kerusakan sel-sel kulit, hingga risiko terjadinya penuaan dini.


 7. Menjaga kesehatan mata

Penggunaan blueberry sebagai sumber asupan vitamin A yang baik bagi mata sejatinya telah dilakukan sejak masa Perang Dunia ke-2 lalu. Dikutip dari BBC, buah blueberry dipilih sebagai salah satu sumber pangan dalam menu prajurit Angkatan Udara Inggris karena diyakini mampu membantu meningkatkan kemampuan penglihatan para prajurit. Khususnya, penglihatan pada malam hari.


8. Meningkatkan fungsi otak

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik. Manfaat blueberry lainnya yaitu mampu meningkatkan fungsi otak. Masih dengan kandungan antioksidan, kandungan tersebut diyakini mampu meningkatkan fungsi kerja otak agar lebih optimal.


9.Mengontrol kadar gula darah

Kandungan buah blueberry yang kaya akan serat alami ternyata dikenal cukup efektif dalam membantu menurunkan kadar gula darah. Para penderita diabetes tipe 1, biasanya memanfaatkan buah ini untuk membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh mereka.

Untuk penderita diabetes tipe 2 (diabetes mellitus), buah ini dimanfaatkan sebagai peningkat kadar insulin di dalam tubuh. Sedangkan, bagi yang bukan penderita, buah ini bermanfaat untuk menjauhkan diri dari risiko diabetes di kemudian hari.


10. Mencegah risiko terjadinya kanker

Munculnya penyakit mematikan seperti kanker tidak lain karena rusaknya sel-sel pada tubuh. Karena penyakit ini sangat berbahaya, maka kita pun diwajibkan untuk memproteksi diri dari munculnya risiko tersebut. 

Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan antioksidan. Ternyata, kandungan vitamin A dan vitamin C dalam blueberry berperan sebagai agen antioksidan yang baik untuk tubuh, sehingga tubuh akan lebih kuat dalam menghalau serangan radikal bebas yang penyebab munculnya kanker.

 

Sumber: blog.sayurbox.com

 

Komentar

Postingan Populer