5 Herbal & Rempah untuk Kesehatan Otak

1. Sage
sumber: doktersehat.com

Sage dapat membantu mendukung otak dan memori dalam beberapa cara. Sage adalah tanaman yang sarat dengan senyawa yang dapat bertindak sebagai antioksidan. Ini telah terbukti menyangga sistem pertahanan otak. Kandungan ini juga tampaknya menghentikan pemecahan zat kimia pembawa pesan asetilkolin (ACH), yang memiliki peran dalam memori. Pada orang dewasa yang sehat, sage terbukti meningkatkan daya ingat dalam dosis rendah. 

2. Ginkgo biloba
sumber: bola.net

Ginkgo biloba, terutama bagian daunnya, sering digunakan untuk mengatasi daya ingat yang menurun karena cara kerjanya yang sepertinya bisa meningkatkan aliran darah pada pembuluh darah kecil di otak.

3. Peterseli dan thyme
sumber: bbcfoodgood

Rempah untuk kesehatan otak manusia yang pertama adalah daun peterseli dan thyme. Sebuah studi baru dari Brasil menemukan bahwa kandungan flavonoid dalam peterseli dan thyme yang disebut apigenin, dapat memperkuat hubungan antara neuron dan sel stem pada otak. 

4. Mint
sumber: bola.com

Menurut penelitian terhadap 144 orang, mereka yang mencium aroma mint selama lima menit sebelum pengujian menghasilkan peningkatan memori secara signifikan. Bukan hanya itu, studi lain juga menemukan, mencium aroma ini saat mengemudi meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan tingkat frustrasi, kecemasan, serta kelelahan. 

5. Gingseng
sumber: hellosehat.com

Ginseng juga memiliki antioksidan yang bisa mencegah peradangan yang dikenal dengan genosida. Ginseng juga memiliki sifat antistres sehingga bisa meningkatkan suasana hati.

Dilansir dari Dr. Axe, studi yang dilakukan oleh Department of Neurology di Clinical Research Institute di Korea Selatan menunjukkan bahwa ginseng merangsang perkembangan sel-sel otak dan meningkatkan konsentrasi serta fungsi kognitif otak.


Sumber: kompas.com, hellosehat.com

Komentar

Postingan Populer